Minggu, 21 April 2013

INI PESANAN MU BROOO

Alur cerita, Pelaku,dan Latar novel Remaja.
            Suatu cerita rekaan dapat digolongkan sebagai novel apabila ceritanya lebih panjang dan kompleks daripada cerpen. Selain itu, lebih banyak menyuguhkan tokoh, tampilan peristiwa dan latar. Unsur pembangun novel yaitu intrinsic dan ekstrinsik. Tiga unsure intrinsic yaitu pelaku, latar, dan alur.
A.      Pelaku atau tokoh dan penokohan
~ Tokoh : Individu rekaan yang mengalami peristiwa atau perilaku didalam berbagai peristiwa dalam cerita.
                                          Sedangkan
~ Penokohan/perwatakan : Penyajian tokoh dan penciptaan citranya Dallam novel.
Penokohan juga dapat dikatakan sebagai proses penampilan tokoh dengan pemberian watak, atau kebiasaan tokoh.
Tokoh ada 2 macam :~ Tokoh utama
                                 ~ Tokoh bawahan
~ Tokoh utama : Selalu ada dalam setiap peristiwa dan banyak berhubungan dengan tokoh                                     lain.
~ Tokoh bawahan : Tokoh sampingan yang sifatnya hannya sebagai sampingan saja.
B.      Latar atau setting
~ Latar : Unsur cerita yang menunjukkan dimana, bagaiman, dan kapan peristiwa itu   berlangsung
~ Latar tempat : Hal-hal yang berkaitan dengan masalah-masalah geografis.
Latar waktu : Yang berhubungan denga kehidupan kemasyarakatan.
C.      Alur atau Plot : Jalinan peristiwa didalam novel yang memperlihatkan kepaduan (Konherensi) tertentu yang diwujudkam oleh hubungan oleh hubungan sebuah akibat, tokoh,tema, atau ketiganya. Secara garis besar struktur alur sebuah cerita rekaan diganti menjadi tiga, yang mampu bagian awal, tengah, dan akhir. Bagian awal cerita mengandung 2 hal, yakni pemaparan (eksposisi) dan ketidakmaparan . Bagian pertama terdapat konfllik, komplikasi,klimaks. Adapun bagian akhir alur adalah penyelesaian.



Cara Menjelaskan Alur, Pelaku, dan Latar Novel Serta Implementasinya

Kompetensi Dasar :
1.      Menjelas­kan alur ceri­ta, pelaku, dan latar no­vel (asli atau terjemahan)
Dalam sebuah novel, setiap tokoh memiliki karakteristik yang unik dan berbeda satu dengan yang lain. Karakter tokoh dapat dianalisis melalui dialog antartokoh, deskripsi/gambaran langsung dari pengarangnya, dan pandangan atau sikap tokoh lain terhadap tokoh tersebut. Alur dalam novel merupakan urut-urutan kejadian cerita. Pada pelajaran yang lalu kamu telah mempelajari jenis alur, yaitu alur maju, alur mundur dan gabungan dari dua jenis alur tersebut. Alur memiliki tahapan. Dalam novel, alur biasanya detail dan kompleks. Tahapan alur, antara lain pengenalan cerita, pengenalan konflik, klimaks, antiklimaks, dan berakhir pada penyelesaian.

 

Cara Mengomentari Kutipan Novel dan Implementasinya

Kompetensi Dasar :
1.      Mengo­men­tari ku­tipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)
Kutipan novel biasanya mengambil/mengutip sebagian kecil dari sebuah novel. Pada pelajaran terdahulu, kamu telah mempelajari kutipan novel terjemahan. Pada pelajaran kali ini, kamu akan mempelajari bagaimana menanggapi hal-hal menarik dari sebuah kutipan novel asli. Kutipan novel berikut adalah kutipan dari novel Y.B. Mangunwijaya yang berjudul Balada Dara-Dara Mendut. Hal-hal menarik yang akan kamu temukan antara lain tokoh-tokoh dan perwatakan, bahasa yang digunakan, perjuangan, serta sejarah.

Cara Menanggapi Kutipan Novel Remaja dan Implementasinya

Kompetensi Dasar :
  1. Menang­gapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terje­mah­an).
Karya novel dibangun oleh beberapa unsur intrinsik. Unsur intrinsik tersebut, antara lain alur cerita, pelaku/penokohan, dan latar kejadian atau peristiwa. Alur merupakan urutan kejadian dalam cerita novel. Alur terbagi dalam tiga jenis, yaitu.
  1. alur maju (progresif), yaitu urutan kejadian mengarah ke masa depan,
  2. alur mundur (regresif/flash back), yaitu urutan kejadian mengarah ke masa lalu,
  3. alur campuran, yaitu alur/urutan kejadian yang merupakan gabungan dua macam alur di atas. Ada alur maju dan ada alur mundur.
Unsur pelaku/penokohan merupakan tokoh yang menjadi pelaku dalam cerita novel. Pelaku atau tokoh tersebut mempunyai karakterisasi masing-masing. Ada yang perwatakannya pemarah, tegas, pemalu dan sebagainya. Latar novel sudah pernah dijelaskan pada pelajaran sebelumnya. Latar dalam novel memiliki tiga kategori, yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar